Gejala Serangan Penyakit Jantung

Umumnya sakit jantung berawal dari tingginya kadar kolesterol dalam darah. Salah satu bentuk serangan jantung adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung yang mengakibatkan pasokan oksigen dan zat pentung lainnya ke dalam organ yang sangat vital ini tidak lancar

Kondisi ini menyebabkan jantung tidak bergerak sebagaimana mestinya sehingga organ pemompa darah menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik. Karena itu menit-menit pertama pada serangan jantung sangat menentukan.Makin lambat korban ditangani secara medis, makin banyak pula jaringan yang kekurangan oksigen, rusak, atau mati.
Memang belum ada data akurat yang bisa mendeteksi serangannya tiba-tiba. tetapi penyakit jantung ini bisa dicegah sejak dini apabila ia mau melakukan gaya hidup sehat, dan banyak mengkonsumsi ikan laut untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida diperoleh dari makanan yang dikonsumsi meskipun juga diproduksi olehtubuh kita sendiri. Trigliserida bersirkulasi dalam aluiran darah dalam bentuk gabungan kompleks lemak dan protein yang disebut lipoprotein.

Selama bertahun-tahun kadar kolesterol menjadi indikator resiko berkembangnya penyakit jantung. Mereka yang memiliki kadar trigliserida tinggi dalam darah, beresiko dua kali lebih tinggi trekena serangan jantung, dibandingkan degan mereka yang memiliki kadar trigliserida normal.

Serangan jantung biasanya terjadi pada usia produktif, saat karir seseorang mulai mapan. Namun kebiasaan serangan jantung ini mulai bergeser . Penyakit jantung koroner dikenal sebagai serangan jantung yang sangat menakutkan karena sifat serangannya mendadak dan fatal. Serangan jantung bukan hanya menyerang orangtua . Kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes-penyakit itulah yang selama ini diketahui sebagai faktor resikonya.

Gejala serangan jantung dapat ditandai dengan adanya rasa nyeri yang mencekam didada kiri atau dada tengah dan berlangsung selama beberapa menit. Rasa nyeri bisa menjalar ke seluruh dada, bahu, lengan, leher, punggung, dan rahang serta sisi dalam lengan kiri. Perasaan tidak enak didada, kepala terasa ringan seperti mau jatuh, berkeringat dingin, sesak napas, serta mual dan muntah. Serangan jantuhng sering menyebabkankerusakan pada jaringan otot dan dapat mengganggu efektivitas kerja pemompaan oleh jantung.
Otot jantung membesar sehingga menimbulkan kelelahan dan napas tersengal. Bahkan gejala terburuk bisa menyebabkan pasien meninggal dunia. Namun hal ini bisa dicegah bila si pasien segera mendapatkan pertolongan pertama.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis penyakit jantung, dan yang paling tinggi jumlah penderitanya adalah penyakit jantung koroner, jantung rematik, jantung hipertensif, dan penyakit jantung bawaan (kongensida). Penyakit jantung rematik banyak ditemukan pada masyarakat kelas bawah. Hal ini disebabkan pola hidup yang kurang bersih, yang membuat kuman streptococcus hemoliticus menyerang bagian katup jantung, sehingga kerja jantung menjadi lemah. Ditegaskan bahwa penyakit jantung koroner sangat erat kaitannya dengan pola hidup seseorang . Inti penyebabnya adalah adanya pengerasan pada dinding pembuluh darah akibat pengumpulan lemak.Hal ini menyebabkan adanya penyempitan pada lubang pembuluh nadi koroner. Otot-otot jantung menjadi kekurangan pasokan oksigen dan makanan, serta mengalami kerusakan sehingga bisa menimbulkan kematian mendadak.

Data Survei Kesehatan Nasional 2003 menunjukan adanya kenaikan obesitas pada anak usia balita-diperkotaan sebesar 5,24% dan dipedesaan sebesar 4,27%. Proses penimbunan lemak pada aliran darah sesungguhnya sudah dimulai sejak bayi masih berada dalam kandungan ibunya, tepatnya ketika masih janin.

Seorang ibu dengan kadar kolesterol tinggi baik sebelum maupun selama kehamilan akan memicu kecepatan awal proses pembuatan plak pada pembuluh darah jantung janinnya. Apabila setelah kelahiran kadar kolesterol bayi tidak diupayakan agar menjadi normal , proses pembentukan plak ini akan berlangsung lebih cepat.

Ragam penyakit jantung antara lain penyakit jantung koroner, oto jantung, listrik jantung, jantung bawaan, infeksi jantung, katup jantung dan selaput jantung. Diantara sekian banyak jenis penyakit jantung , jantung koroner merupakan jenis penyakit yang paling banyak diderita masyarakat, penyakit jenis ini menyarang siapa saja dan dimana saja. Penyakit penyempitan pembuluh darah ini timbul karena mengkonsumsi lemak berlebihan, sifat agresif, tergesa-gesa, emosional, kurang berolahraga, merook, hipertensi, kencing manis, yang semuanya merupakan faktor resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Agar anda terhindar dari penyakit jantung koroner, maka kenali gejalanya dan temukan solusinya.

Ada pula gangguan jenis lain yang sepintas remeh, yaitu gangguan irama (distrimia denyut jantung) . Saat kita bersemangat, merasa takut atau cemas, tubuh memproduksi leih banyak adrenalin yang membuat denyut jantung bertambah cepat.

Beberapa jenis obat yang bekerja pada sistem syaraf simpatis seperti dekongestan (melebarkan saluran pernapasan) atau stimulan juga dapat menyebabkan perubahan irama denyut jantung. Selain penderita hipertiroid, terlampau banyak minum kopi, merokok atau menenggak minuman beralkohol juga bisa berakibat sama.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *