Mencegah Serangan Jantung

Jangan abaikan serangan jantung kalau tidak ingin memperpanjang korban akibat serangan jantung. Ada baiknya kita melakukan berbagai langkah untuk pencegahan. Ini harus kita lakukan sejak dini. Langkah yang bis akita lakukan ialah menerapkan pola makan  yang sehat, pola hidup yang sehat, berhenti merokok, menghindari stres, menghindari dan mengobati hipertensi, mengobati obesitas, melakukan olahraga secara teratur, konsumsi antioksidan, dan mewaspadai faktor genetis.

Dibawah ini beberapa cara mencegah penyakit jantung terjadi adalah dengan :

1. Pola Makan Sehat
Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Kurangi menyantap makanan yang digoreng dan banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Sebisa mungkin, makanan yang kita makan rendah lemak atau tanpa lemak. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan.

Hindari juga makanan dengan kandungan gula tinggi, jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Sebaliknya, konsumsi gandum yang dapat membantu menjaga jantung tetap sehat, Jaga pola makan agar terhindar dari kegemukan karena sesorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm beresiko lebih besar terkena penyakit ini.

2. Berhenti Merokok
Mengisap rokok tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

3. Hindari Stres 
Stres memang sulit dihindari. Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon non epinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila kita menghindati stres baik di kantor atau dirumah.

4. Menjaga dan Mengobati Hipertensi
Sebagaimana dijelaskan diatas, problem hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak. Oleh sebab itu, jagalah diri kita dari kemungkinan serangan hipertensi dengan pola hidup yang sehat dan lakukan pengobatan jika perlu.

5. Obesitas
Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi  atau ketidakharmonisan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan resiko serangan jantung.

6. Olahraga teratur
Kita dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

7. Konsumsi Antioksidan
Polusi udara, asap kendaraan  bermotor, atau asap rokok menciptakan timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran.

8. Keturunan
Seseorang yang orangtuanya atau saudara kandungnya pernah mengalami serangan jantung sebelum usia 60 tahun memiliki resiko lebih besar menderita penyakit ini. Karena itu, jika kita memiliki kerabat yang pernah mengalami serangan jantung, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menjaga agar pola makan dan gaya hidup kita.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *