Pengobatan Penyakit Jantung

Ketika serangan jantung sudah menyerang kita, tidak ada hal lain yang bisa kita lakukan selain mengobatinya. Ada dua tahap pengobatan yang bisa dilakukan. Pengobatan pertama disebut sebagai pengobatan awal dan yang kedua adalah pengobatan lanjutan.

1. Pengobatan awal 
Pada pengobatan awal penyakit jantung , biasanya diberikan tablet aspirin yang harus dikunyah. Pemberian obat ini akan mengurangi pembentuan bekun darah di dalam arteri koroner. Beta-blocker diberikan untuk memperlambat denyut jantung dan supaya jantung tidak bekerja terlalu lama memompa darah ke seluruh tubuh.

Oksigen seringkali diberikan melalui selang kecil yang dimasukkan ke dalam lubang hidung. Dengan pemberian oksigen, maka tekanan oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga lebih banyak oksigen yang sampai ke jantung dan kerusakan jantung dapat diperkecil.

Jika suatu penyumbatan dalam arteri koroner dapat diatasi segera, maka jaringan jantung dapat diselamatkan. Bekuan darah dalam arteri dapat dilarutkan dengan terapi trombolitik, yaitu dengan memberikan streptokinase, urikinase, dan aktivator plasminogen jaringan. Agar efektif, obat ini diberikan secara intravena dalam waktu 6 jam setelah terjadinya gejala serangan jantung.

Pengobatan dini meningkatkan aliran darah pada 60-80% penderita dan bisa meminimalkan kerusakan jaringan jantung. Aspirin (mencegah pembentukan bekuan darah daru platelet) atau heparin (mengehentikan pendarahan) bisa menambah efektivitas dari terapi trombolitik. Terapi trombolitik bisa menyebabkan pendarahan sehingga biasanya tidak diberikan kepada penderita yang :

  • Memiliki pendarahan saluran pencernaan
  • Memiliki tekanan darah tinggi yang berat
  • Baru menderita stroke
  • Baru menjalani pembedahan

Penderita lanjtu usia yang tidak memiliki keadaan tersebut diatas bisa menjalani terapi trombolitik dengan aman. Dan beberapa rumah sakit menggunakan angioplasti atau pembedahan bypass arteri koroner segera setelah serangan jantung.

Nytroglycerin bisa mengatasi nyeri dengan mengurangi beban kerja jantung dan biasanya pada awalnya diberikan secara intravena. Jika obat yang digunakan untuk meningkatkan aliran darah arteri koroner juga tidak berhasil mengurangi gejala serangan jantung, biasanya diberikan suntikan morfin. Morfin juga mengandung obat penenang dan mengurangi beban kerja jantung.

2. Pengobatan Lanjutan 
Seseorang yang baru mengalami serangan jantung harus menjalani tirah baring di dalam ruangan yang tenang selama beberapa hari. Aktivitas fisik dan stres emosional bisa memperberat kerja jantung. Selain itu, pelunak tinja dan pencahar bisa juga digunakan untuk mencegah sembelit. Kecemasan dan deperesi sering terjadi setelah serangan jantung. Kecemasan yang berat bisa membebani jantung sehingga diberikan obat penenang. Selain itu, ACE-inhibitor secara rutin diberikan untuk mengurangi pembesaran jantung yang sering terjadi setelah suatu serangan jantung.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *