Penyakit Jantung Kardiovaskular

Kini penyakit jantung menjadi penyakit yang paling ditakuti, karena penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang memastikan. Satu detik sangat berharga. Apa jadinya bila jantung anda berhenti berdenyut selama beberapa detik, pasti kematian akan menjemput anda.

Serangan antung sering datang secara tiba-tiba dan menyebabkan jiwa penderita tidak terselamatkan. Dari hari ke hari, jumlah penderita penyakit jantung terus meningkat, terutama masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Fungsi utama jantung adalah menyediakan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbon dioksida). Jantung melaksanakan fungsi tersebut dengan mengumpulkan darah yang kekurangan oksigen ke seluruh tubuh dan memompanya ke dalam paru-paru, dimana darah akan mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida. Jantung kemudian mengumpulkan darah yang kaya akan oksigen dari paru-paru dan memompanya ke jaringan diseluruh tubuh. Jantung mulai bekerja sejak bayi dalam kandungan dan tidak akan berhenti selama masih hidup. Jika jantung berhenti selama beberapa menit saja, maka berakhirlah hidup ini Bagi manusia jantung diibaratkan sebagai mesin tubuh yang hidupnya paling awal dan matinya paling akhir.
Janin didalam kandungan dinyatakan hidup dan sehat, jika dokter atau ibu bidan yang dinyatakan hidup dan sehat, jika dokter atau ibu bidan yang memeriksanya berhasil merekam detak jantungnya. Begitu pula saat ajal menjemput, seorang dokter akan memastikan bahwa kerja jantung telah benar-benar berhenti.
Jantung adalah salah satu organ vital bagi manusia, yang tidak pernah mengenal istirahat. Walaupun besarnya hanya segenggam tangan, tetapi secara kontinu dan tanpa mengenal lelah, jantung memompa darah melalui pembuluh arteri dan pembuluh kapiler ke setiap sel diseluruh jaringan tubuh. Darah terdiri dari plasma atau cairan darah dan sel atau butir-butir darah.
Sel darah terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit).
Sel darah ini dibuat dipabriknya, yaitu sumsum tulang. Sel darah merah mengandung hemoglobin (HB) , bahan berwarna merah. HB penting bagi tubuh untuk mengangkut zat asam (oksigen) dari paru-paru, kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh. Tubuh manusia memerlukan zat asam untuk pembakaran bahan makanan supaya dapat menghasilkan tenaga (kalori).
Sel darah putih berguna untuk memerangi kuman, sedangkan trombosit berfungsi untuk mengehentikan pendarahan.
Perjalanan darah kemudian berbalik arah, kembali ke jantung lewat pembuluh darah balik atau kapiler darah yang tertentang antara pembuluh nadi dan balik yang terdapat disemua bagian tubuh. Pemompaan ini terantung pada mengempis (the countraction) dan mengembangnya (the expansion) otot jantung (cardiac muscle). Untuk melakukannya, otot jantung membutuhkan masukan dan penggunaan energi.
Keseluruhan sistem ini berperan dalam penyaluran zat-zat hasil metabolisme makanan dan pengikatan oksigen yang dilakukan oleh darah . Semuanya ini tidak bisa dilakukan tanpa kalsium, ketika jantung mengerut (constrict), ion kalsium mengatur ritmenya. Ketika kalsium masuk ke dalam sel,mineral ini kaan mengaktifkan protein yang menyebabkan gerakan dari otot jantung, dan ini membuat otot jantung mengempis dan mengembang secara terus menerus, dan membuat kita tetap hidup.

Kekurangan kalsium akan melemahkan kemampuan otot jantung untuk mengembang dan mengempis dan dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit jantung. Beberapa tes membuktikan bahwa ketika ion kalsium diberikan kepada jantung yang lemah, jantung secara bertahap akan mendapatkan kembali tenaga. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kalsium dalam menjaga detak jantung.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>