Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit pembuluh darah yang berhubungan langsung dengan kerja jantung disebut penyakit kardiovaskular. Jantung bisa mengalami kelelahan dalam memompa darah . Gangguan ritme atau irama denyut merupakan penyakit jantung yang merupakan penyakit jantung yang paling serius karena dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Diseluruh belahan dunia, pravalensi kematian akibat penyakit jantung koroner terbilang sangat tinggi, yaitu mencapai 1,5 juta jiwa dalam satu tahunnya. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat.

Hal ini disebabkan perubahan pola hidup yang melanda sebagian besar masyarakat modern. Makanan cepat saji bukan hanya didominasi lemak jenuh, tetapi juga banyak mengandung garam dan karbohidrat yang berpotensi meningkatkan resiko hipertensi serta trigleserida, dan merupakan salah satu pemicu penyakit jantung koroner.

Bukan hanya makanan, kurang gerak atau kurang berolahraga juga menyebabkan deposit lemak atau trigleserida dalam tubuh bertambah, akibatnya berat badan bertambah. Penyempitan pembuluh darah dapat disebabkan oeh beberapa faktor, antar lain kolesterol atau kadar lemak dalam darah yang terlalu tinggi, adanya tekanan darah tinggi,berat badan berlebihan, merokok terlalu banyak stres dan diabetes.

Seseorang yang anggota keluarganya menderita sakit jantung dari generasi ke generasi perlu ekstra hati-hati. Ia memiliki peluang yang cukup besar terkena serangan jantung.
Kebiasaan merokok dapat menurunkan HDL, yaitu jenis kolesterol baik. Setiap kali anda menghisap rokok maka denyut bertambah dan kemampuan jantung membawa oksigen berkurang. OLeh karena itu, upaya-upaya meningkatkan HLD bharus dilakukan secara tepat sehingga dapat menekan resiko munculnya penyakit jantung koroner.

Perokok sering menolak berhenti merokok dengan alasan takut gemuk. Jadi alternatif mereka adalah mengudap sebagai pengganti rokok, akhirnya berat badan bertambah. Makin banyak lemak dlaam tubuh, makin berpotensi terkena penyakit jantung koroner.

Selain merokok, minum-minuman keras, dan stres juga berdampak langsung terhadap resiko terserang penyakit jantung koroner dan berpotensi meningkatkan produksi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas tersebut meningkatkan oksidasi lemak, merusak sel-sel tubuh termasuk jantung, dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah (arteriosklerosis) .

Endapan kolesterol menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan beban kerja jantung. Pada stadium lanjut , aterioklerosis dapat menyebabkan clotting atau penggumpalan darah yang menghambat aliran darah ,sehingga darah tidak berhenti mengalir. Clot yang terjadi pada pembuluh darah inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner ditimbulkan oleh kadar kolesterol yang mencapai 200 mg/dL . salah satu indikasi penyakit dan serangan jantung pada kaum wanita adalah rasa lelah yang amat sangat dam tiba-tiba, rasa tertekan atau sakit diperut bagian atas, sesak napas, mual dan muntah, keringat berebihan atau merasa gelisah. Sedangkan penyakit dan serangan jantung pada pria lebih sering ditandai dengan rasa sakit dibagian dada.

Dengan bertambahnya usia, kadar kolesterol dan tekanan darah rata-rata meningkat, ini disebabkan adanya penumpukan kolesterol berupa zat kapur pada dinding bagian dalam pembuluh darah. Akibatnya aliran darah dapat berhenti karena pecahnya pembuluh darah. Jantung sendiri harus bekerja keras memompa darah ke seluruh jantung .


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>