Serangan Jantung

Serangan jantung adalah kematian otot jantung yang diakibatkan oleh tidak adanya suplai darah dari arteri ke jantung sehingga membuat jantung mati sama sekali. Hal ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dari arteri koroner yang disebabkan oleh pembekuan darah. Apabila yang demikian ini tidak pulih dalam jangka waktu pendek, maka akan menyebabkan matinya otot jantung. Dan, apabila otot jantung mati, akan mengakibatkan kematian mendadak.

Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) akibat berkurangnya pasokan darah. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblok selama beberapa saat, entah akibat mengencangnya nadi koroner atau kaibat penggumpalan darah (thrombus). Bagian otot jantung yang biaanya dipasok oleh nadi yang terblok berhenti berfungsi dengan baik segera setelah splasme reda dengan sendirinya. Gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung berfungsi secara betul-betul normal lagi. Ini s ering disebut crescendo angina atau coronary insuffiency. Sebaliknya apabila pasokan darah ke jantung trehenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan yang permanen  hanya dalam beberapa jam saja dan bagian otot jantung mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen. Otot yang mati ini disebut infark.

Dalam konteks ini serangan jantung yang khas biasanya disebabkan oleh trombosis koroner atau orang menyebutnya koroner. Ini bermula pada arteri koroner, dua pembuluh darah yang menyuplai jantung dengan darah. Kalau salah satu arteri ini tersumbat, suplai darah ke sebagian jantung akan terhenti. Jaringan pada bagian jantung ini mulai mengalami degenerasi dan mati, sama seperti kalau terluka. Kalau salah satu arteri koroner tersumbat, cabang-cabang yang lebih kcil dari arteri lain akan mengambil alih pekerjaan selama beberapa waktu. Setelah sekian lama sebagian besar daerah jantung yang suplai darahnya terhenti mendapat darah yang diperlukan. Kalau arteri kedua dapat melakukan tugas kedua arteri, orang itu akan hidup.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *