Categories
Kesehatan

3 Efek Emotional Eating bagi Kesehatan yang Perlu Dicermati

Efek Emotional Eating

Aktivitas makan pada dasarnya bukan merupakan suatu hal yang buruk selama dalam porsi dan waktu yang tepat. Saat ini, makan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan emosi ketika terjadi suatu masalah. Efek emotional eating sendiri bagi kesehatan bisa sangat buruk sekali utamanya pada perempuan.

Kenapa Makanan?

Di luar sana, ada banyak cara untuk mengatasi masalah tetapi banyak orang yang memilih makanan sebagai langkah termudah. Hal ini karena adanya emosi negatif dalam pikiran yang mungkin mengarahkan kepada perasaan kesepian. Makanan menjadi salah satu hal yang dipercaya bisa mengatasi hal tersebut karena timbulnya perasaan terpenuhi yang salah.

Misalnya ketika ada masalah dan seseorang tidak mendapatkan support, maka perasaan nyaman ketika makan akan menjadi pelarian. Beberapa orang juga tidak memahami perasaan lapar secara fisik ataupun mental yang paling berpengaruh ke aktivitas makan. Ketika stress, kadar kortisol yang menurun dalam tubuh menjadi penyebab utama mengapa timbul juga perasaan lapar.

Bagaimana Emotional Eating Berpengaruh pada Kesehatan?

Emotional eating sendiri secara langsung akan mempengaruhi bagaimana pola makan seseorang. Masalah utama akan muncul pada saat makanan, secara tidak sadar, menjadi coping mechanism seseorang. Aktivitas ini mungkin akan terlihat sangat remeh pada awalnya tetapi jika terjadi terus-menerus, ada banyak masalah yang menunggu.

1. Memiliki Berat Badan Berlebih

Seseorang dengan emotional eating biasanya akan menjadi kesulitan dalam mengontrol bagaimana pola makannya. Hal ini karena alam bawah sadar akan mengatakan bahwa perasaan akan tetap buruk jika tidak makan. Padahal faktanya, makan hanya bisa mengurangi perasaan buruk dalam waktu singkat, bukan menghilangkannya.

Akibatnya, seseorang akan memiliki pola konsumsi yang berlebihan dan bahan makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Obesitas sendiri bisa menyebabkan penyakit lain seperti penyakit hati, diabetes tipe 2, hingga gagal jantung. Ini adalah efek terburuk yang bisa dialami seseorang dengan eating disorder ini.

2. Berefek pada Kesehatan Mental

Jika seseorang biasanya mencari orang lain ketika sedang tidak baik-baik saja, tidak dengan penderita emotional eating. Efek emotional eating ini akan membuat seseorang merasa baik-baik saja dengan makan padahal tidak sama sekali. Akibatnya aktivitas sosial akan menjadi lebih terganggu lagi bersamaan dengan semakin malas berinteraksi.

Emotional eating juga tidak benar-benar menyembuhkan pikiran buruk di kepala, hanya mengelabui saja. Pikiran buruk yang mengendap di kepala bisa terus menerus muncul lagi sehingga siklus makan untuk atasi stress ini berulang. Perasaan bersalah juga akan ditimbulkan semakin hilangnya kontak dengan teman dan aktivitas sosial yang lain.

3. Meningkatkan Resiko Kanker dan Memperburuk Metabolisme

Kecenderungan emotional eating adalah konsumsi junk food, makanan manis, ataupun makanan cepat saji. Hal ini karena makanan tersebut terasa enak dan bisa membuat perasaan menjadi lebih tenang saat makan. Ternyata ketiga makanan tersebut bisa menyebabkan masalah kanker karena rusaknya proses metabolisme tubuh.

Pola makan yang tidak beraturan bergantung pada emosi ini akan membuat metabolism terganggu. Kecenderungan untuk makan lebih banyak karena emotional eating juga menyebabkan terserangnya sel dengan PKR di dalamnya. PKR sendiri berfungsi dalam merespon serangan virus atau bakteri sehingga metabolism juga akan terganggu.

Dalam jangka pendek, efek emotional eating mungkin tidak akan tampak karena memang perasaan yang masih terasa baik. Coba untuk mulai mengatur bagaimana pola makan dan mengoreksi kembali jumlah kalori yang masuk. Pola makan yang sehat serta konsumsi suplemen bisa menghentikan emotional eating ini.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *