Categories
Uncategorized

4 Cara Aman Redakan Nyeri Saat Haid

Saat haid, hal yang mungkin dikeluhkan kebanyakan perempuan adalah rasa nyeri yang tidak tertahankan. Nyeri saat haid pada wanita itu adalah penyakit dismenore, dimana penyakit ini hanya dirasakan oleh wanita haid. Biasanya rasa tidak nyaman karena nyeri ini akan dialami wanita saat pra haid atau pada hari pertama dan kedua.

Saat menstruasi, terjadi kontraksi pada bagian otot rahim agar membantu proses pelepasan lapisan pembuluh darah yang sudah menumpuk. Selain nyeri, biasanya juga wanita mengalami kram pada bagian perut yang dimana adalah tanda bahwa rahim sedang bekerja.

Cara Redakan Nyeri dan Kram saat Haid

Berikut ini adalah 5 cara yang aman bagi wanita bisa meredakan nyeri serta kram yang di alami saat penyakit dismenore :

· Kompres dengan Air Panas

Cara pertama yang aman untuk redakan nyeri dan kram saat haid bagi perempuan adalah dengan melakukan kompres menggunakan air panas atau hangat. Kompres ini dilakukan pada area perut bawah, karena panas cukup ampuh mengurangi rasa nyeri.

Beberapa studi yang dilakukan pada 2012 menemukan bahwa suhu sekitar 40 derajat memiliki kesamaan dan cukup efektif seperti ibuprofen. Cara kompres yang benar adalah dengan menggunakan botol atau bantal pemanas. Bisa juga dengan menggunakan air yang hangat saat mandi.

· Pijat Bagian Tubuh yang Nyeri dengan Minyak Esensial

Cara kedua adalah dengan melakukan pijatan-pijatan kecil pada bagian tubuh yang merasakan nyeri dan kram menggunakan minyak esensial. Durasi pijatan yang dianjurkan adalah kurang lebih sekitar 20 menit.

Sebuah penelitian menemukan bahwa dengan melakukan pijatan akan mengurangi rasa nyeri dan sakit secara signifikan. Dengan tambahan minyak esensial akan mendapatkan rasa aroma terapi yang menenangkan. Karena kandungan dari minyak esensial memiliki wewangian sintetik.

· Menghindari Makanan Tertentu

Saat penyakit dismenore yang merupakan keluhan rasa nyeri dan kram, ada beberapa makanan tertentu yang harus dihindari. Makanan dan minuman yang dihindari antara lain ada makanan berlemak, alkohol, kafein, minuman berkarbonasi, dan juga makanan asin.

Dengan mengurai atau menghentikan makanan tersebut, bisa meredakan nyeri dan juga kram yang dialami saat haid. Ada juga beberapa makanan yang dianjurkan seperti teh jahe atau mint. Teh jahe dan mint dipercaya bisa menenangkan.

· Banyak Minum Air

Dan yang terakhir adalah dianjurkan untuk banyak minum air. Air bisa membantu menghindari tubuh dari rasa kembung yang menyakitkan saat haid. Lebih di anjurkan lagi meminum air panas atau hangat karena suhunya dapat meredakan kram dan meningkatkan aliran darah di kulit. Selain itu minum air hangat juga membuat otot menjadi kendur dan mengurangi kram.

Ada juga makanan yang memiliki bahan dasar air agar tidak bisa meningkatkan hidrasi seperti selada, mentimun, semangka, dan buah-buahan beri (strobery, bluberry, dan lainnya). Dengan begitu rasa haid dan kram akan teratasi saat penyakit dismenore ketika haid.

Pelajari Caranya Supaya Nyeri dan Kram Teratasi

Itu tadi beberapa cara supaya rasa nyeri dan juga haid bisa reda saat sedang haid. Rasa kram dan juga nyeri saat haid datang memang membuat aktivitas jadi terganggu. Jadi buat para perempuan yang sedang mengalami gejala penyakit dismenore harus mempelajari cara yang sudah dijelaskan tadi dengan baik.

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *