Categories
Obat

5 Obat Alami Herpes yang Mudah dan Tanpa Efek Samping

obat alami herpes

Herpes merupakan salah satu penyakit kulit yang sangat membantu. Untuk menanganinya terdapat beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan obat alami herpes. Terdapat beberapa rekomendasi obat yang bisa Anda manfaatkan. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat alami untuk mengatasi herpes.

1. Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini memang sejak lama digunakan sebagai pelembab kulit. Karena dalam kandungan minyak zaitun terdapat antioksidan dan bisa mengobati herpes dengan baik. Dengan kandungan alaminya tersebut, minyak ini mampu membersihkan bakteri-bakteri atau kuman yang menimbulkan herpes.

Panaskan minyak zaitun sebanyak 1 cangkir ke microwave, dan jangan lama-lama. Kemudian tambah atau campurkan dengan minyak lavender beberapa tetes, dan lilin lebah. Diamkan hingga dingin, lalu dioleskan ke kulit yang terkena herpes.

2. Es Batu

Cara mengobati herpes memakai es batu bisa dikatakan sangat mudah. Orang yang terkena herpes kulitnya akan lecet dan terluka sehingga terasa nyeri, sedangkan es batu tersebut bisa meredakan rasa nyeri.

Bungkus es batu dengan memakai kain/handuk yang tebal, lalu tempelkan ke kulit yang terkena herpes, diamkan dalam waktu 10-15 menitan. Hal itu bisa mengusir nyeri, bengkak serta gatal-gatal yang diakibatkan oleh herpes.

3. Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun dapat melembabkan kulit, dan sifatnya yang kaya akan antioksidan dan dapat menyembuhkan luka herpes. Panaskan satu cangkir minyak zaitun dan tambahkan sedikit minyak lavender dan lilin lebah di dalamnya. Setelah campuran dingin, tempelkan pada wilayah yang terinfeksi.

4. Perbanyak Asupan L-Lisin

Makanan yang banyak kandungan L-Lisin antara lain ikan, kalkun, ayam, sayuran serta beberapa jenis kacang-kacangan. Makanan tersebut banyak mengandung asam amino, sehingga bisa menangkal perkembangan virus herpes. 

5. Baking Soda

Cara mengobati herpes secara alami bisa juga dengan memanfaatkan baking soda. Bahan yang biasanya digunakan untuk memasak atau membuat kue ini sangat efektif mengatasi herpes tidak pakai lama. Selain itu, nyeri serta gatal karena herpes dapat hilang.

Cara membuat obat alami menggunakan baking soda tidaklah sulit. Cukup menyiapkan baking soda dan kapas, kemudian kapas yang sudah diberi baking soda ini tempelkan ke sekitar daerah yang terinfeksi. Itu bertujuan untuk mengeringkan luka.

6. Lidah Buaya

Obat alami herpes selanjutnya adalah lidah buaya. Sudah tidak aneh jika lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk kecantikan baik kulit maupun rambut. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat herpes genital atau kelamin, karena dapat membantu menyembuhkan lesi.

7. Echinacea

Tanaman obat ini memiliki sifat antivirus yang sangat baik dan meningkatkan kekebalan kita. Semua bagian tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan herpes. Mengkonsumsi echinacea dalam bentuk teh, jus.

8. Teh Hitam

Teh hitam kaya tanin yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herpes alami. Efek antivirus dan anti-inflamasi membuatnya menjadi obat alami yang baik untuk mengobati herpes. Ambil kantong teh hitam dan buat larutan air teh, diamkan hingga dingin kemudian oleskan pada luka.

Pengobatan herpes akan berfokus untuk menghilangkan blister dan mencegah penyebaran herpes, meskipun blister atau lepuhan dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Biasanya dokter akan memberikan obat antivirus yang dapat mengurangi komplikasi akibat herpes.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat alami herpes yang bisa Anda coba. Jika bisa ditangani dengan cara yang alami, kenapa tidak. Penggunaan obat-obatan mungkin juga ampuh, namun pada umumnya obat kimia bisa menimbulkan efek samping. 

Jangan sampai ketinggalan! Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *