Categories
Obat

5 Obat Mengi Tradisional yang Bisa Anda Temukan di Rumah

Obat Mengi Tradisional

Mungkin Anda pernah mengalami atau menyaksikan teman Anda mengeluarkan suara aneh saat sedang bernapas. Suara aneh itu akan akan terdengar lebih nyaring saar menghembuskan napas. Itulah yang dinamakan mengi. Untuk bisa mengatasi kondisi tersebut, Anda tidak perlu bingung, sebab obat mengi tradisional berikut ini bisa Anda temukan di rumah.

1. Jahe

Selain berguna untuk menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga bisa meredakan gejala mengi yang disebabkan oleh penyakit asma. Jahe bisa mengatasi peradangan dan juga mengeluarkan lendir yang ada pada saluran pernapasan.

Untuk cara konsumsinya, Anda bisa menumbuk jahe atau mengirisnya tipis-tipis, dan campurkan dengan air hangat. Agar aroma jahe lebih terasa, Anda bisa membakar jahe terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan air hangat.

2. Kafein

Kafein mempunyai sifat anti peradangan. Sehingga bisa meredakan gejala mengi yang disebabkan oleh penyakit asma yang kambuh. Selain mempunyai sifat anti peradangan, kafein juga bisa membuat otot pada pernapasan menjadi lebih rileks. Efek kafein ini sama persis dengan efek setelah Anda mengonsumsi obat teofilin.

Anda bisa mendapatkan kafein dari teh hitam atau kopi yang sudah pasti tersedia di rumah Anda. Sehingga Anda tidak perlu bingung mencari lagi. Selain itu cara konsumsi kafein ini berbeda dengan obat pada umumnya. Bagi Anda yang suka mengonsumsi kopi hitam, sudah pasti hal ini akan sangat menyenangkan.

3. Bawang Putih

Obat mengi tradisional yang berikutnya adalah bawang putih. Bawang putih telah banyak digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan berbagai penyakit. Ini karena bawang putih memiliki khasiat anti inflamasi. Tak heran, bawang putih bisa meredakan penyakit tertentu, terutama penyakit kardiovaskular.

Seperti asma, asma juga termasuk penyakit inflamasi. Bawang putih dapat membantu melawan infeksi bakteri. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat herbal untuk meredakan gejala mengi akibat penyakit asma, beberapa cara dapat digunakan.

Pertama, makan bawang putih mentah secara langsung. Jika tidak suka, Anda bisa menggiling bawang putih dan mencium aromanya. Selain itu, Anda juga bisa meminum segelas susu hangat yang dicampur dengan 2-3 siung bawang putih. Cara ini bisa membantu mengendurkan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir.

4. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang digunakan untuk mengobati asma dan bisa meredakan gejala dari penyakit ini, misalnya saja mengi. Kunyit memiliki sifat anti alergi. Kunyit dikenal efektif mengatasi penyakit saluran pernapasan.

Hal ini dikarenakan kunyit mengandung kurkumin yang cukup tinggi. Kurkumin adalah bahan aktif dengan efek antiinflamasi yang kuat. Untuk mendapatkan khasiat kunyit dalam mengobati asma, anda bisa membuat ramuan sendiri di rumah.

Larutkan seperempat sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air. Kemudian diaduk rata. Minum obat herbal ini dua kali sehari sampai kondisi Anda membaik. Jika tidak ada perubahan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

5. Madu

Sebagai obat herbal asma, madu dapat mengencerkan lendir, yang menyumbat saluran pernapasan, dan kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh. Untuk meredakan asma dan gejalanya seperti mengi, madu dapat dikonsumsi dengan air hangat.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa mencampurkan madu dengan bubuk jahe. Tambahkan seperempat bubuk jahe atau setengah bubuk kayu manis. Jika Anda tidak memiliki bubuk jahe, Anda bisa menggunakan jahe yang sudah dicuci, iris tipis-tipis, lalu campuran dengan madu, dan aduk hingga rata. Konsumsi dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

Selain menggunakan kelima obat mengi tradisional di atas. Anda juga bisa mengonsumsi daun sirih untuk meredakan gejala mengi yang disebabkan oleh penyakit asma. Jika penggunaan obat herbal tersebut tidak berhasil. Segera konsultasikan dengan dokter, agar kondisi tersebut tidak semakin parah.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *