Categories
Penyakit

7 Cara Mencegah Virus Corona di Tempat Kerja

Cara Mencegah Virus Corona

Normal baru atau new normal kini mulai diterapkan menyusul telah dilakukan pelonggaran pembatasan sosial skala besar di beberapa daerah di Indonesia. Nah, berkaitan dengan hal tersebut maka beberapa sektor akan diizinkan beroperasi kembali secara bertahap salah satunya adalah perkantoran. Berikut ini cara mencegah virus corona di kantor.

Gunakan Masker

Menggunakan masker saat bekerja di kantor merupakan salah satu cara penting untuk mencegah virus corona. Masker dapat melindungi kita dari paparan virus yang terdapat di udara. Maka dari itu, pastikan Anda menggunakan masker dengan cara yang benar mulai dari berangkat ke kantor sampai tiba lagi di rumah. 

Anda juga disarankan untuk membawa masker cadangan selama berada di kantor. Jangan lupa gantilah masker setiap beberapa jam sekali. Namun, perlu diperhatikan saat melepaskan masker, jangan sentuh bagian masker yang bisa saja mengandung kuman. Jika terlanjur menyentuh, segera cuci tangan Anda menggunakan sabun dengan benar. 

Terapkan Jaga Jarak

Terapkan jaga jarak di tempat kerja dengan rekan lainnya minimal 1 meter. Saat ini banyak orang yang terinfeksi virus corona namun tidak bergejala, sehingga lebih baik Anda menghindari kontak langsung dengan orang lain termasuk saat sedang berada di lingkungan tempat kerja.

Penerapan jaga jarak juga perlu Anda lakukan saat sedang melakukan pengecekan suhu tubuh di dalam lift kantor. Sebaiknya, Anda juga perlu menghindari pertemuan sosial di area kantor yang melibatkan banyak orang untuk sementara waktu. 

Bersihkan Area Meja Kerja 

Sebelum memulai aktivitas bekerja, sebaiknya Anda membersihkan area meja kerja agar meja kerja dalam kondisi bersih. Bersihkan barang-barang yang berada di atas meja seperti. keyboard komputer dan telepon dengan menggunakan cairan desinfektan secara berkala karena virus dapat menular melalui cipratan air liur saat batuk atau bersin. 

Bawalah Peralatan Makan Sendiri 

Bawalah peralatan makan seperti sendok, piring dan gelas untuk kebutuhan sendiri. Peralatan-peralatan tersebut sering bersentuhan dengan mulut dan hidung yang merupakan jalan masuk virus corona ke dalam tubuh. 

Mencuci Tangan

Mencuci tangan juga merupakan cara mencegah virus corona yang harus dan wajib Anda lakukan. Cucilah tangan Anda setelah dari toilet, setelah batuk dan bersin, serta sesudah dan sebelum makan. 

Cucilah tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Namun, jika sulit menemukan akses air mengalir, Anda dapat membersihkan tangan dengan menggunakan cairan pembersih atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. 

Mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol dapat membantu membunuh virus yang menempel di permukaan tangan. Pastikan Anda mencuci tangan dengan cara yang benar dan tepat minimal 20 detik.

Menjaga Etika Kebersihan Saat Batuk dan Bersin

Pastikan Anda menutup hidung dan mulut dengan tisu atau siku bagian dalam saat batuk dan bersin. Cara satu  ini dapat melindungi orang lain di sekitar Anda dari virus corona yang mungkin keluar melalui percikan cairan dari mulut dan hidung.

Hindari Menyentuh Mata, Mulut dan Hidung

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut sampai tangan sudah dalam kondisi bersih. Hal ini karena selama berada di tempat kerja Anda mungkin menyentuh benda apa pun yang berada di sekitar Anda. Namun, bisa jadi benda-benda tersebut dapat berisiko meningkatkan penularan virus.

Itulah beberapa cara mencegah virus corona. Namun tak hanya itu saja, Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan lainnya seperti memenuhi asupan makanan yang bergizi, mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan segera membersihkan diri saat tiba di rumah setelah bekerja. 

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *