Categories
Kesehatan Penyakit

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

makanan yang harus dihindari penderita hipertensi

Para penderita hipertensi tentu sudah sering mendengar mengenai anjuran dokter untuk memilih asu asupan harian. Sebab salah memilih makanan bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Lantas apa saja sih makanan pantangan bagi penderita darah tinggi? Ini dia 8 jenis makanan yang harus dihindari penderita hipertensi.

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari penderita hipertensi. Mengapa demikian? Pasalnya kadar garam yang terkandung pada makanan cepat saji terbilang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena garam menjadi salah satu syarat penting untuk menambah rasa nikmat.

Tak hanya itu saja, makanan cepat saji juga mengandung lemak trans dan lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kadar kolesterol yang tinggi mampu meningkatkan tekanan darah seseorang.

2. Gula

Tak hanya garam, ternyata gula juga mampu mempengaruhi tekanan darah seseorang. Tanpa disadari gula juga terkandung dalam berbagai makanan sehari-hari yang Anda konsumsi. Mulai dari kue, permen, donat dan berbagai camilan lainnya.

Ternyata mengonsumsi gula secara berlebihan juga ikut risiko meningkatkan berat badan hingga terjadi obesitas. Dalam sehari batas maksimal gula yang aman dikonsumsi untuk wanita adalah 6 sendok teh dan 9 sendok teh untuk pria. Jadi pastikan Anda selalu mengonsumsi gula dalam batas yang wajar agar terhindar dari penyakit hipertensi.

3. Butter dan Margarin

Selain beberapa jenis makanan di atas butter dan margarin juga merupakan makanan yang wajib dihindari oleh penderita hipertensi. Kedua produk ini juga sering digunakan untuk membuat kue. Penderita hipertensi ada baiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung butter atau margarin.

4. Salad Dressing

Salad sering kali dianggap sebagai makanan sehat. Memang benar sayuran dan buah-buahan pada salad sangat menyehatkan. Meski demikian Anda juga tetap perlu berhati-hati dengan dressing yang digunakan untuk menambah cita rasa salad.

Umumnya sebagian besar dressing salad berbentuk saus yang mengandung gula, garam dan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Jadi bagi penderita hipertensi yang ingin mengonsumsi salad, sebaiknya pilih dressing yang menyehatkan. Misalnya dengan menggunakan campuran minyak wijen, minyak zaitun dan bawang putih.

5. Kulit Ayam

Kulit ayam merupakan salah satu bagian nikmat yang banyak disukai. Terlebih lagi jika dimasak hingga kering. Namun tahukah Anda jika bagian yang paling lezat ini ternyata tidak menyehatkan. Pasalnya kulit ayam mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Terlebih lagi selama proses pengolahannya juga sering ditambahkan banyak garam.

6. Ikan Asin

Penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan asin terlalu sering. Hal ini disebabkan karena kandungan garam dalam ikan asin cukup tinggi. Penderita darah tinggi juga bisa mengonsumsi ikan asin sesekali dalam satu hingga dua bulan. Namun pastikan untuk tidak mengombinasikannya dengan makanan lain yang tinggi garam.

7. Makanan dalam Kemasan

Atau makanan yang sudah diproses dan disimpan dalam kemasan juga merupakan salah satu pantangan darah tinggi yang paling utama. Hal ini disebabkan karena produk ini terlalu banyak mengandung natrium.

Contohnya adalah sosis. Selama proses pengolahannya cukup biasanya juga akan ada penambahan garam. Jadi usahakan untuk mengonsumsi daging dalam keadaan segar bukan dalam kemasan.

Nah di atas merupakan makanan yang harus dihindari penderita hipertensi. Usahakan untuk mulai menyingkirkan deretan makanan di atas. Selain itu jangan lupa perbanyak mengonsumsi buah dan sayur untuk membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *