Categories
Obat

7 Kegunaan Selenium yang Jarang Diketahui

kegunaan selenium

Selenium merupakan mineral yang jarang terdengar. Selenium sebenarnya merupakan mineral mikro yang sangat penting bagi tubuh, bahkan dalam jumlah yang sedikit. Memang tubuh tidak membutuhkan banyak selenium, namun selenium berusaha semaksimal mungkin dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Simak penjelasan lengkap mengenai kegunaan selenium bagi tubuh.

1. Melindungi dari Penyakit Jantung

Kadar selenium dalam tubuh yang rendah erat kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung, sehingga mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung selenium yang cukup dapat melindungi kesehatan jantung. Selenium juga membantu mengurangi gejala peradangan pada tubuh yang dapat menjadi faktor risiko utama penyakit jantung. 

Selenium dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif dan peradangan telah dikaitkan dengan aterosklerosis atau penumpukan plak di pembuluh darah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung dan juga stroke.

2. Menangkal Radikal bebas

Selenium mempunyai sifat antioksidan. Artinya tubuh membutuhkan selenium untuk melawan radikal bebas. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang kemudian menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan meningkatkan risiko stroke.

Pada salah satu penelitian mengungkapkan bahwa sifat antioksidan, seperti yang ditemukan pada selenium, dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan mempertahankan jumlah radikal bebas. Dengan cara tersebut, tubuh Anda akan lebih terlindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif.

3. Menurunkan Resiko Kanker

Berkat sifat antioksidannya, selenium dapat membantu mengurangi risiko kanker sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar selenium yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar, dan juga kanker prostat.

4. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Jaringan tiroid mengandung tingkat selenium yang lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung selenium secara teratur penting dilakukan untuk menjaga fungsi dan kesehatan kelenjar tiroid. 

Selenium dapat melindungi kelenjar tiroid dari kerusakan oksidatif dan berperan penting dalam produksi hormon tiroid. Dengan kelenjar tiroid yang sehat, kontrol metabolisme akan lebih optimal. Hal yang sama berlaku juga untuk mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh Anda.

5. Mencegah Demensia

Demensia adalah keadaan berkurangnya daya ingat dan pikiran. Alzheimer adalah salah satu jenis demensia yang paling umum. Menurut laporan Healthline, penyakit Alzheimer merupakan penyebab kematian keenam di Amerika Serikat. Beberapa cara untuk mengurangi gejala Alzheimer telah diterapkan. Salah satunya adalah penggunaan antioksidan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam makanan dan suplemen dapat meningkatkan daya ingat pada pasien Alzheimer. Dan selenium adalah mineral dengan sifat antioksidan yang kuat. Selain itu, mengonsumsi makanan mediterania yang kaya akan makanan kaya selenium juga dipercaya dapat menurunkan risiko terserang penyakit Alzheimer.

6. Meredakan Gejala Asma

Kegunaan selenium yang jarang diketahui adalah berpotensi untuk meredakan gejala asma. Karena selenium bisa mengurangi resiko peradangan, kemungkinan besar mineral ini juga dapat membantu meredakan gejala asma. Menurut penelitian, penderita asma cenderung memiliki kadar selenium yang lebih rendah. 

7. Meningkatkan Sistem Imunitas

Jumlah senyawa selenium yang cukup di dalam tubuh dapat meningkatkan daya tahan tubuh penderita flu, tuberkulosis dan hepatitis C. Ada juga sebagian yang mengatakan bahwa kandungan selenium dapat membantu penderita HIV untuk mengatasi masalah kekebalan tubuh yang terus menurun.

Seperti itulah 7 kegunaan selenium yang perlu Anda ketahui. Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Untuk mendapatkan vitamin dan suplemen, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *