Categories
Kesehatan Penyakit

7 Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Harus dihindari

makanan pantangan darah tinggi

Memiliki tekanan darah tinggi membuat penderitanya harus menjaga pola makan dengan benar untuk menjaga agar tekanan darahnya tetap stabil. Pasalnya, salah mengonsumsi makanan saja bisa meningkatkan tekanan secara langsung. Lantas, apa saja si makanan pantangan darah tinggi yang harus dihindari? Langsung saja temukan jawaban selengkapnya di sini.

1. Daging kemasan (Processed meat)

Makanan pantangan untuk darah tinggi pertama adalah daging kemasan. Daging kemasan ini mungkin menjadi makanan yang sering Anda konsumsi, seperti sosis, beef dan masih banyak lainnya. Namun, Anda juga perlu jika daging yang sudah diproses dan disimpan dalam kemasan ini menjadi makanan yang memicu tekanan darah tinggi.

Pasalnya, kemasan ini mengandung natrium yang cukup tinggi sebagai pengawetnya. Jika Anda membutuhkan protein yang tinggi, Anda masih bisa mendapatkannya dari daging segar.

2. Frozen food

Frozen food atau makanan beku sedang menjadi tren makanan saat ini. Ya, makanan ini sangat praktis dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Namun, di balik kepraktisannya ternyata makanan ini menjadi makanan pantangan untuk darah tinggi.

Namun, perlu digaris bawahi jika tidak semua frozen food menjadi makanan pantangan. Ada beberapa frozen food yang masih boleh dikonsumsi. Adapun frozen food yang menjadi pantangan adalah makanan beku yang mengandung garam tinggi seperti pizza.

3. Kulit ayam

Kulit ayam memang sangat nikmat untuk dimakan. Namun, tahukah Anda jika kulit ayam merupakan makanan pantangan darah tinggi lho. mengapa bisa demikian? Pasalnya, kulit ayam ini mengandung kolesterol yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu saja, dalam proses pengolahannya juga biasanya ditaburi dengan bumbu garam. Apalagi ia juga akan digoreng lagi yang membuat kandungan kolesterolnya semakin tinggi. Jika makanan ini dikonsumsi oleh penderita darah tinggi, maka bisa menyebabkan pelonjakan tekanan darah.

4. Kopi

Banyak orang yang bahkan wajib mengonsumsi kopi setiap hari karena kenikmatannya. Namun, untuk Anda yang memiliki darah tinggi ada baiknya jangan mengonsumsi minuman ini lagi. Mengapa demikian? Pasalnya, mengonsumsi satu cangkir kopi saja bisa menyebabkan tekanan darah naik sementara.

Apalagi jika kopi dikonsumsi secara rutin, maka tekanan darah bisa naik terus-menerus. Sebenarnya, bukan hanya kopi saja yang tidak boleh untuk penderita darah tinggi. Namun, hal ini juga berlaku untuk jenis minuman lain yang mengandung kafein.

5. Ikan asin

Ikan asin memang enak, terlebih jika dimakan dengan nasi hangat, sayur dan juga sambal. Namun, di balik kenikmatan yang ditawarkan oleh ikan asin ini membuat makanan ini menjadi makanan pantangan untuk penderita darah tinggi lho.

Kandungan garam yang terlalu tinggi pada ikan asin bisa menyebabkan tekanan darah naik. Anda boleh mengonsumsi makanan ini sesekali saja seperti satu kali dalam waktu 1-2 bulan. Hanya saja, saat mengonsumsinya tidak boleh mengombinasikan dengan makanan lain yang mengandung garam tinggi pula.

6. Makanan yang berlemak tinggi

Selain ikan asin, makanan pantangan darah tinggi berikutnya yang harus Anda hindari adalah makanan yang berlemak tinggi. Apalagi jika makanan ini digoreng, seperti gorengan misalnya. Ya, rasanya memang sangat menggiurkan dan juga gurih.

Namun, makanan yang mengandung lemak tinggi ini bisa menimbulkan tekanan darah semakin tinggi. Bahkan, lemak ini juga bisa menyumbat pembuluh darah dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jika hal ini dibiarkan, maka risikonya Anda bisa mengalami kolesterol tinggi dan bahkan stroke.

7. Alkohol

Alkohol adalah jenis minuman yang sangat tidak direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Mengapa demikian? Minuman yang satu ini tidak hanya bisa meningkatkan tekanan darah saja, namun juga bisa merusak pembuluh darah sekaligus meningkatkan risiko komplikasi yang lebih lanjut.

Nah, makanan pantangan darah tinggi di atas harus benar-benar Anda perhatikan untuk tetap menjaga tekanan darah tinggi tetap normal. Jika Anda menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, tubuh Anda juga akan sehat.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *