Categories
Vitamin

9 Manfaat Echinacea Purpurea, Ampuh untuk Tingkatkan Imunitas

Manfaat Echinacea Purpurea

Ada banyak herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu yang paling populer adalah echinacea purpurea. Echinacea purpurea adalah tanaman bunga yang masuk keluarga bunga aster. Tanaman ini memiliki beberapa manfaat yang berguna untuk meningkatkan imunitas. Berikut 9 manfaat echinacea purpurea.

1. Mencegah Penyebaran Kanker

Penderita kanker pasti melakukan berbagai pengobatan seperti kemoterapi. Biasanya, kemoterapi menimbulkan efek samping yang cukup mengganggu seperti mual dan muntah. Jika Anda mengonsumsi echinacea, efek samping kemoterapi tersebut dapat diredakan. Hal ini karena echinacea mengandung fitokimia.

Kandungan Fitokimia berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel tumor jahat dan menghalangi penyebaran kanker dalam tubuh. Echinacea baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita kanker. Namun, tanaman ini hanya bisa digunakan untuk suplemen pendamping bukan sebagai pengobatan utama kanker.

2. Mengatasi Gangguan Kulit

Tanaman herbal echinacea juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering sampai jerawat. Kandungan senyawa anti radang dan anti bakteri dalam tanaman echinacea dapat mengurangi perkembangan bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, ekstrak echinacea juga dapat mengurangi gejala eksim.

3. Mengurangi Rasa Cemas

Umumnya orang mengalami rasa cemas. Namun, beberapa orang mengalami rasa cemas yang berujung pada terganggunya aktivitas sehari-hari. Kandungan senyawa pada Echinacea seperti alkamida, rosmarinic acid dan caffeic acid dapat membantu mengurangi rasa cemas.

4. Mengobati Flu

Anda akan mudah terserang flu saat daya tahan tubuh Anda menurun. Namun, tak perlu khawatir Anda bisa mengatasi masalah kesehatan yang satu ini dengan minum ramuan herbal echinacea. Echinacea dapat membantu menangkal flu dan pilek hingga 58%. Tak hanya itu, suplemen yang mengandung echinacea juga dapat mengurangi durasi penyembuhan flu hingga setengah hari lebih cepat jika dikombinasikan dengan vitamin C.

5. Mengatasi Nyeri

Manfaat echinacea purpurea yang lain adalah sebagai pereda nyeri. Echinacea dapat digunakan sebagai pereda nyeri alami untuk nyeri perut, sakit kepala, herpes, campak, gigitan serangga, sakit gigi dan sakit tenggorokan. Hal ini karena echinacea dapat memicu sekresi sel yang disebut sitokin dan bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan membantu mengurangi nyeri. Anda bisa mengonsumsi teh, suplemen atau krim yang mengandung echinacea.

6. Meningkatkan Imunitas

Echinacea bermanfaat untuk menguatkan imun. Tanaman ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan virus yang dapat membantu pemulihan lebih cepat. Anda bisa mengonsumsi 10 mg echinacea per 1 kg berat badan setiap hari selama 10 hari agar efek echinacea sebagai stimulan sistem kekebalan tubuh efektif.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Echinacea dapat digunakan sebagai obat pencahar alami untuk mengatasi sembelit. Jika Anda sembelit, Anda bisa mencoba mengonsumsi satu cangkir teh herbal echinacea setiap hari agar pencernaan lancar. Namun, jangan mengonsumsi teh herbal echinacea lebih dari dua cangkir per hari.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ekstrak tanaman echinacea dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat enzim yang mencerna karbohidrat dan mengurangi jumlah gula yang masuk ke dalam darah. Tak hanya itu, ekstrak tanaman ini juga dapat membuat sel pankreas menjadi lebih sensitif terhadap inulin dan membantu mengeluarkan lemak berlebih dari darah yang dapat memicu insulin pada sel tubuh.

9. Anti Radang

Echinacea memiliki sifat anti radang yang bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini membuat echinacea dapat digunakan untuk mengobati rematik, penyakit crohn dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh peradangan. Jika Anda terkena radang tenggorokan, Anda bisa mencoba minum vitamin yang mengandung echinacea secara rutin.

Nah, itulah beberapa manfaat echinacea purpurea yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Mari kita biasakan mengonsumsi tanaman ini agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Dapatkan vitamin dan suplemen, unduh aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *