Categories
Uncategorized

Apa Ciri Khas Seseorang Mengalami Delusi?

Pastinya sering mendengar istilah delusi, tapi tahukah apa arti delusi dan ciri delusi. Delusi merupakan suatu keyakinan yang salah yang ada dalam diri seseorang yang berpikir bahwa terdapat seseorang atau sekelompok orang yang melakukan konspirasi untuk melawan. Dalam kondisi delusi seseorang tidak mampu untuk membedakan kondisi yang nyata dan imajinasi.

Apa Saja Jenis-Jenis Delusi Yang Sering Dialami Masyarakat?

Delusi jenisnya banyak dan umumnya seseorang mengalami rasa kekuatan, penghargaan dan identitas dan pengetahuan yang berlebihan. Penderita akan merasa bahwa dia memiliki sesuatu yang luar biasa dibandingkan orang lain dan merasa bahwa dirinya mempunyai keunikan yang lebih. Penderita juga akan merasa bahwa dirinya mempunyai benda yang unik yang tidak dimiliki oleh orang lain dan merasa bahwa dirinya adalah orang yang sangat penting. Selain itu ada juga jenis lainnya dan berikut ini jenisnya.

●  Delusi Erotomanik

Ciri delusi adalah percaya bahwa dirinya dicintai atau disukai oleh orang lain yang sangat penting atau terkenal. Biasanya akan menganggap bahwa dirinya dicintai oleh tokoh masyarakat atau orang penting yang sangat terkenal. Penderita delusi ini akan berusaha untuk mendekati dan mengikuti dengan orang yang penting tersebut dan terkadang sampai menjadi penguntit dari orang tersebut secara diam-diam. Delusi ini banyak dialami oleh para fans dari artis-artis terkenal.

●  Delusi Paranoia

Delusi paranoia akan mengakibatkan penderita memiliki kepercayaan bahwa dirinya tidak diperlakukan dengan sepantasnya, dan meyakini bahwa ada seseorang yang berusaha untuk melukainya dan juga tidak menyukainya. Penderita delusi ini akan memiliki perasaan yang mengakibatkan dirinya tidak memiliki kepercayaan dengan siapa pun dan selalu merasa cemas panik dan takut. Dengan kondisi ini akan mengakibatkan orang tersebut menjadi orang yang anti sosial dan mengisolasi dirinya dari lingkungan.

●  Delusi Somatik

Pada ciri delusi ini seseorang akan menganggap bahwa dirinya memiliki kondisi fisik yang cacat pada bagian tubuhnya atau mempunyai kondisi medis tertentu. Seseorang yang menderita delusi ini juga akan merasakan sebuah sensasi atau disfungsi fisik tertentu.

●  Delusi Kecemburuan

Pada kondisi ini seseorang akan merasa bahwa pasangannya berselingkuh dan memiliki kecemburuan yang sangat berlebihan dan tidak berdasar.

●  Delusi Campuran

Jenis delusi ini merupakan gabungan dari beberapa jenis delusi yang lainnya, seseorang bisa mengalami lebih dari satu delusi. Kondisi ini tentu akan sangat menyulitkan seseorang untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Delusi ini harus segera diatasi dan diobati.

Cara Ampuh Mengatasi Delusi

Ketika seseorang mengalami delusi sebaiknya segera diatasi agar tidak memperparah keadaan. Delusi tentunya akan sangat mengganggu dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Jangan sampai kita menjadi orang yang terisolasi dari dunia luar dengan delusi ini. Lalu cara apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi delusi adalah dengan konsultasi dengan dokter ataupun ahli kesehatan mental.

Caranya dengan melakukan konsultasi juga dengan psikiater. Setiap harinya harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan rutin agar penanganan yang diberikan dokter bisa maksimal. Dari dokter akan diberikan berbagai obat yang akan membantu proses penyembuhan. Tidak hanya obat saja kesembuhan juga sangat bergantung pada dukungan dari lingkungan sekitar. Penderita sangat membutuhkan dukungan dari keluarga dan lingkungan untuk mengembalikan kondisi dan tidak lagi ada ciri delusi.

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan jiwa dengan dokter? Unduh saja aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, cepat dan tidak antri. Tersedia di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *