Categories
Obat

Berapa Dosis Konsumsi Ibuprofen yang Tepat? Ini Penjelasannya!

dosis konsumsi ibuprofen

Ibuprofen sudah dikenal luas sebagai obat pereda rasa sakit atau painkiller. Penjualannya yang bebas, membuat obat generik ini bisa dengan mudah dibeli dan dikonsumsi kapan pun diinginkan. Namun, tentu saja pengonsumsiannya harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Berikut ulasan mengenai dosis konsumsi ibuprofen yang tepat sesuai dengan keluhannya. 

Dosis Ibuprofen untuk Keram Menstruasi 

Saat seseorang merasakan keram karena menstruasi, bisa coba diredakan dengan mengonsumsi ibuprofen. Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 200 hingga 400 miligram, yang mana pengonsumsiannya setiap 4 jam sekali. Dosis maksimum ibuprofen yang boleh dikonsumsi untuk keluhan ini adalah sebanyak 3200 miligram per harinya. 

Dosis Ibuprofen untuk Rasa Nyeri Ringan dan Sedang 

Jika Anda merasakan nyeri ringan dan sedang pada bagian tubuh, maka ibuprofen bisa dikonsumsi sebanyak 200 hingga 400 miligram setiap 4 hingga 6 jam sekali. Khusus untuk anak-anak yang di atas 6 bulan, dosisnya disesuaikan dengan berat badannya dan harus diawasi dokter. Biasanya, dosis yang diberikan adalah 10 miligram per kilogram berat badan anak, setiap 6 hingga 8 jam sekali. 

Dosis Ibuprofen untuk Demam 

Orang dewasa dan  remaja bisa mengonsumsi ibuprofen sebanyak 200 miligram setiap 4 hingga 6 jam untuk meredakan demam. Sedangkan untuk anak-anak yang menderita demam, dosisnya harus diberikan langsung oleh dokter. Umumnya, penetapan dosis untuk anak-anak ini berdasarkan berat badan serta suhu tubuhnya. 

Dosis Ibuprofen untuk Artritis

Bagi penderita artritis dengan gejala berupa nyeri yang ringan, pengonsumsian ibuprofen yang disarankan adalah sebanyak 200 miligram setiap 4 hingga 6 jam sekali. Jika diperlukan, dosis konsumsi ibuprofen ini bisa dinaikkan hingga 400 miligram setiap 4 hingga 6 jam sekali. Maksimum dosis ibuprofen yang boleh dikonsumsi per harinya adalah sebanyak 1200 miligram. 

Dosis Ibuprofen untuk Osteoarthritis dan Reumatoid Artritis 

Jika penyakit yang diderita adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, maka dosis ibuprofen yang dikonsumsi pun jadi lebih banyak. Setiap harinya, maksimal dosis yang dikonsumsi mulai dari 1200 hingga 3200 miligram, yang mana dikonsumsi 3 hingga 4 kali sehari. Maksimum dosis yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah sebanyak 3200 miligram per hari. 

Apa yang Terjadi Jika Overdosis Ibuprofen? 

Pengonsumsian ibuprofen secara berlebihan dan tidak sesuai dengan dosis yang dianjurkan, bisa menyebabkan seseorang mengalami overdosis. Efek yang ditimbulkan saat seseorang mengalami overdosis pun tak tanggung-tanggung. Kerusakan bisa saja terjadi pada lambung serta usus, karena mengonsumsi ibuprofen yang terlalu banyak. 

Terjadinya overdosis ibuprofen bisa dideteksi dari gejala yang ditimbulkannya. Gejala ringan yang mungkin timbul seperti telinga yang berdenging, nyeri di ulu hati, mual, muntah, nyeri perut, diare, pusing, dan pandangan yang mengabur. Sedangkan untuk gejala yang beratnya seperti kesulitan bernapas, rendahnya tekanan darah, kejang, sakit kepala luar biasa, hingga koma. 

Gejala overdosis ibuprofen bisa saja tidak terasa sama sekali. Namun, jika sekiranya Anda mengalami gejala tersebut dalam waktu yang bersamaan, hubungilah dokter atau tenaga medis lain sesegera mungkin. Deteksi dini atas overdosis ibuprofen akan bisa menghindarkan Anda dari efek buruk yang akan terjadi pada organ dalam tubuh Anda. 

Itulah tadi penjelasan mengenai dosis konsumsi ibuprofen yang dianjurkan, berikut dengan efek yang akan dialami jika pengonsumsian ibuprofen dilakukan berlebihan. Ingat selalu untuk tetap mengonsumsi ibuprofen dan obat lainnya sesuai aturan dan anjuran dari dokter, agar risiko buruk seperti overdosis bisa Anda hindari. 

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antre di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *