Categories
Kesehatan

Bolehkah Mengonsumsi Semangka untuk Diabetes?

Semangka untuk Diabetes

Diabetes merupakan kondisi yang disebabkan oleh kadar glukosa dalam tubuh yang terlalu tinggi. Orang yang mempunyai diabetes, harus membatasi konsumsi glukosa. Dengan begitu, kadar gula dalam darah tidak akan melonjak. Semangka adalah makanan yang dipercaya bisa meningkatkan kadar gula darah. Lalu, benarkah konsumsi semangka untuk diabetes itu harus dihindari?

Beragam Manfaat Buah Semangka

Berasal dari daerah subtropis Afrika dan tropis, semangka adalah buah dengan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Misalnya saja vitamin A, vitamin C, vitamin B-6, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, dan serat.

Vitamin A yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan dan membantu menjaga jantung, paru-paru, dan ginjal. Sedangkan vitamin C berperan penting dalam sintesis kolagen dan membantu mengurangi gejala flu.

Semangka kaya akan serat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, pengaturan berat badan, dan membantu tubuh dalam membuang racun. Kandungan airnya yang begitu tinggi juga bisa menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dan berenergi.

Semangka juga kaya akan likopen, yang berupa pigmen fitokimia dan karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas secara efektif, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan memiliki sifat kemopreventif terhadap beberapa jenis kanker, khususnya kanker prostat dan rahim, meskipun lebih banyak yang dibutuhkan.

Selain itu, semangka juga mengandung fitosterol sebesar 2 mg tiap 100 gram. Fitosterol merupakan sterol nabati yang secara struktural mirip dengan kolesterol. Sebenarnya kandungan ini sangat berguna dalam menghambat penyerapan kolesterol dalam darah, bahkan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh manusia.

Indeks Glikemik dan Beban Glikemik Semangka

Indeks glikemik merupakan nilai yang menunjukkan kemampuan makanan yang mengandung karbohidrat dalam meningkatkan kadar glukosa darah. Konsep ini sebenarnya ditujukan bagi penderita diabetes sebagai pedoman dalam memilih makanan yang tepat agar kadar glukosa mereka tetap terkendali.

Makanan dengan indeks glikemik rendah berada dalam kisaran kurang dari 55, indeks glikemik rata-rata antara 56-69 dan indeks glikemik lebih tinggi dari 70. Sedangkan beban glikemik merupakan nilai yang merepresentasikan respon terhadap kadar gula darah setelah mengonsumsi satu porsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Perhitungannya dilakukan dengan cara mengalikan indeks glikemik makanan dengan jumlah karbohidrat yang dikandungnya, kemudian membaginya dengan 100. Makanan dengan beban glikemik rendah adalah kurang dari 10, sedang kisaran angka 10-20 dan tinggi lebih dari 20.

Semangka tergolong makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, dengan nilai 72. Walaupun termasuk makanan yang tinggi indeks glikemik, semangka memiliki kisaran serat dengan kandungan karbohidrat yang sedikit.

Kandungan karbohidrat dalam 100 gram buah semangka adalah 8 gram. Dengan menggunakan rumus beban glikemik, kita mendapatkan perhitungan berikut: (8 X 72 รท 100) = 5,76. Ini berarti semangka adalah makanan dengan kandungan beban glikemik yang rendah.

Amankah Konsumsi Semangka untuk Diabetes?

Mempertimbangkan beberapa hal di atas, mengonsumsi semangka untuk diabetes dalam jumlah sedang boleh-boleh saja. Sebab, hal tersebut tidak menaikkan kadar glukosa darah secara signifikan (seperti yang ditunjukkan oleh nilai beban glikemik) serta memiliki sejumlah manfaat dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kuncinya adalah makan semangka dalam jumlah yang tidak berlebihan, serta bersama dengan makanan lain dengan indeks dan beban glikemik yang rendah. Tujuannya, untuk meminimalkan resiko lonjakan kadar gula darah. Makanlah 1 jam sebelum makan siang untuk mengurangi porsi makanan pada saat bersamaan.

Jadi, bisa disimpulkan kalau konsumsi semangka untuk diabetes itu aman-aman saja selama dalam porsi yang dianjurkan. Selain itu, juga konsumsi makanan lain yang kaya akan protein seperti daging tanpa lemak, biji-bijian, makanan dengan serat tinggi dan juga ikan.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *