Categories
Penyakit

Ciri Khas Penderita Down Syndrome

Semua pasangan suami istri pastinya ingin sekali mendapatkan momongan, sebab dengan punya anak garis keturunan akan ada terus. Tetapi tidak selamanya pasangan tersebut mempunyai bayi atau anak yang normal, sebab ada juga pasangan yang bayinya tidak normal karena mengidap Syndrome. Salah satu contoh Syndrome tersebut adalah Down Syndrome, untuk pengertian Down Syndrome adalah kondisi dimana anak mengalami kelainan genetik yang mengakibatkan anak tidak punya kecerdasan tinggi. untuk ciri penderita Syndrome tersebut adalah ada bintik-bintik di iris mata, mulut lebih kecil, bentuk telinga tidak normal dan juga ukuran kepalanya tidak normal juga.

Apa Saja Penyebab Down Syndrome?

Pengidap Down Syndrome saat ini sudah banyak sekali dan Down Syndrome ini bukan terjadi saat sudah dewasa tetapi dari lahir atau dari janin sudah terkena. Down Syndrome bisa disebabkan oleh banyak hal dan penyebab tersebut ada di bawah ini.

  • Sering Merokok Waktu Hamil

Merokok baik waktu kondisi tubuhnya normal atau tidak memang tidak diperbolehkan karena yang namanya merokok itu menyebabkan banyak penyakit mematikan. Contohnya saja adalah kanker paru-paru, kanker mulut dan masih banyak penyakit yang mematikan. Untuk penyebab Down Syndrome adalah merokok juga, tetapi yang merokok bukanlah suami tetapi istri yang sedang hamil. Racun yang ada di dalam rokok tidak hanya akan meracuni ibu saja tetapi juga akan meracuni janin juga, racun inilah yang akan merusak proses pembentukan kromosom. Makanya lebih baik hindari saja merokok selama hamil agar normal bayinya.

  • Keturunan Genetik

Selain karena merokok juga disebabkan oleh keturunan genetik dan inilah yang jadi penyebab umum Down Syndrome. Jadi kalau ada ayam atau ibu mengalami syndrome itu pasti ada kemungkinan janinnya akan mengalami hal yang sama. Untuk persentasenya sendiri adalah 15 persen karena ibu yang menurunkan dan 3 persen dari ayah bayi yang menurunkan. Kalau penyebabnya karena keturunan pastinya cara pencegahannya adalah mencari pasangan yang sehat jasmani dan rohani saja.  

  • Hamil Sedang Menopause

Wanita memang akan mengalami menopause, untuk arti dari menopause sendiri adalah kondisi dimana wanita sudah tidak lagi mengalami menstruasi. Wanita baru dikatakan menopause kalau sudah masuk umur 45 tahun dan selama 1 tahun tidak menstruasi, kalau sampai hamil waktu menopause meningkatkan resiko bayi terkena Down Syndrome semakin besar. Penyebab Down Syndrome adalah karena rahim wanita sudah tidak bagus lagi kondisinya sehingga tidak bisa menyeleksi lagi kecacatan di embrio.

  • Kekurangan Asupan Folat

Pada waktu hamil, ibu hamil itu diharuskan memenuhi kebutuhan asam folat karena kalau sampai kekurangan bisa menyebabkan janin lahir tidak normal alias cacat. Salah satu contoh janin cacat adalah mengalami Down Syndrome dan banyak yang mengalami hal tersebut makanya jangan sepelekan asam folat ini karena berguna sekali. Untuk memenuhi kebutuhan asam tersebut bisa makan pisang dan juga buah alpukat.

Cara Mudah Mencegah Terjadinya Down Syndrome

Agar bayi bisa lahir tanpa ada cacat seperti Down Syndrome banyak cara yang bisa dilakukan, cara pertama adalah perhatikan makanan yang dikonsumsi selama hamil. Makanan-makanan tersebut harus mengandung banyak nutrisi seperti asam folat. Kedua cara mencegah Down Syndrome adalah hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan juga minum minuman beralkohol pasti tidak terkena Down Syndrome.

Ingin berkonsultasi lebih banyak dengan dokter tentang Down Syndrome? Unduh saja aplikasi Lifepack. Bisa tebus resep obat, tanpa antri. Tersedia di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *