Categories
Vitamin

Fungsi B Complex bagi Daya Tahan Tubuh

fungsi b complex

Vitamin adalah salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah vitamin B complex. Vitamin B complex ini terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Setiap vitamin ini memiliki fungsi yang berbeda-beda bagi tubuh. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai fungsi B complex yang harus Anda ketahui.

Vitamin B1 (Thiamine)

Vitamin B1 ini berfungsi membantu proses metabolisme tubuh. Thiamine  akan mengubah nutrisi menjadi energi yang Anda butuhkan. Selain itu, thiamine juga membantu dalam proses penyembuhan luka dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah tubuh dari penyakit seperti beri-beri.

Vitamin B1 ini merupakan vitamin yang penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Pasalnya vitamin B1 ini bisa mengubah nutrisi menjadi energi sehingga dapat menjaga kesehatan otak, kesehatan otot maupun sistem saraf. Dengan begitu pertumbuhan dan perkembangan sel dalam tubuh dapat bekerja dengan baik pula. 

Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 atau yang biasa disebut sebagai riboflavin ini dapat membantu tubuh memberikan asupan energi. Selain itu vitamin B2 ini juga membantu proses produksi dan pertumbuhan sel darah merah serta menjaga kesehatan mata, sistem saraf dan kulit.

Vitamin B3 (Niasin)

Niasin atau vitamin B3 ini berfungsi untuk menjaga metabolisme dengan cara memproduksi serta memperbaiki DNA. Hal ini dikarenakan vitamin B3 turut serta membantu enzim yang ada dalam sel dalam proses perbaikan DNA apabila ada kerusakan.

Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Asam pantotenat ini memiliki fungsi untuk mengubah atau memecah lemak dan karbohidrat menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.  Selain itu fungsi B complex ini adalah berperan dalam memproduksi hormon yang ada di dalam tubuh termasuk hormon adrenalin dan neurotransmitter. 

Vitamin B6 (Piridoksin)

Vitamin B6 ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam menjaga metabolisme dengan cara menggunakan dan menyimpan protein dan karbohidrat. Nutrisi ini akan disimpan dalam bentuk glikogen dalam otot dan hati kemudian akan diproses menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin B7 ini berfungsi untuk memproduksi asam lemak yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu vitamin B7 juga berfungsi mengubah lemak, karbohidrat, protein menjadi energi untuk tubuh. Apabila Anda merasakan badan mulai lemas, ada baiknya mengonsumsi vitamin ini.

Vitamin B9 (Asam Folat

Bagi Ibu hamil, vitamin ini sangat diperlukan untuk proses perkembangan janin. Hal ini dikarenakan asam folat dapat mengurangi risiko terjadinya cacat bayi selama kehamilan. Selain itu vitamin B9 ini juga bisa membantu proses produksi sel darah merah. Apabila Anda merasakan anemia, bisa mengonsumsi vitamin ini.

Vitamin B12 (Cobalamin)

Metabolisme membutuhkan vitamin B12 ini terutama dalam menjaga kesehatan sistem saraf, produksi DNA dan perkembangan sel darah merah. Selain itu vitamin ini juga bisa mengurangi rasa kebas atau kesemutan. Tidak hanya itu, vitamin ini juga berfungsi untuk menjaga kandungan protein dalam tubuh untuk diubah menjadi sumber energi yang dibutuhkan saat Anda beraktivitas.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi B complex yang bisa Anda ketahui. Apabila Anda merasakan kejanggalan pada tubuh, lebih baik Anda mengintropeksi terhadap asupan nutrisi yang ada pada menu makanan Anda.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *