Categories
Penyakit

Gejala Psikosomatik dan Contohnya pada Orang Dewasa

psikomatik dan contohnya

Gangguan psikosomatik ini bisa dialami oleh siapa saja dengan penyebabnya depresi, cemas berlebihan, atau stress. Kondisi ini kadang seringnya tidak disadari akhirnya berlangsung lama dan menjadi semakin parah. Berikut ini gejala psikosomatik dan contohnya yang sering terjadi pada orang dewasa. 

Gejala Psikosomatik yang Dialami

Masalah Pencernaan

Gejalanya mulai ditandai dengan mengalami masalah pencernaan di mana Anda kehilangan nafsu makan. Tidak ada rasa lapar dan rasanya malas untuk makan apa pun. Sembari itu juga akan mengalami mual yang datang tiba-tiba saja, namun bisa hilang dengan sendirinya. 

Lebih buruk lagi, Anda akan mengalami gejala diare tanpa sebab bahkan sampai muntah. Jangan ditunda segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui seberapa serius masalah yang terjadi. Sekaligus bisa mengetahui juga apakah ada yang mengganggu pikiran atau tidak. 

Sakit Kepala

Gejala lainnya yang akan dialami adalah sakit kepala atau ada rasa nyeri di sekitar kepala Anda. Rasa sakit ini terjadi berulang-ulang kali dan membuat Anda merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Bahkan sakit kepala ini membuat Anda tidak bersemangat seharian. Apa lagi jika sedang cemas maka rasa sakitnya akan bertambah parah. 

Jantung berdebar

Saat Anda sedang stres atau banyak pikiran disertai dengan jantung yang berdebar kuat ini merupakan tanda mengalami psikosomatik. Jantung akan berderbar dengan kencang disertai dengan pusing, dan nyeri di bagian dada. Kondisi ini terjadi karena adanya hormon adrenalin yang dilepas ke dalam darah.

Napas Meningkat

Gejala lainnya yang akan dialami saat Anda menderita psikosomatik adalah napas akan meningkat dengan cepatnya. Napas Anda akan tiba-tiba saja meningkat saat mengalami cemas berlebihan, stres, atau panik. Anda akan mengetahuinya dengan keringat dingin di tangan dan rasa nyeri otot juga punggung. 

Contoh Psikosomatik

Khawatir Berlebihan

Salah satu contoh mengalami psikosomatik adalah Anda memiliki rasa khawatir secara berlebihan tentang berbagai hal kecil. Misalnya khawatir dengan akademik atau karier sampai menjadi stress. Selain itu, khawatir secara berlebihan dengan situasi keuangan. Kekhawatiran secara berlebihan membuat Anda menjadi tidak nyaman dan akhirnya berpikiran negative. 

Ketakutan Berlebihan

Rasa takut secara berlebihan merupakan salah satu contoh terkena psikosomatik. Di mana Anda akan merasa takut dengan binatang seperti kecoa, reptile, anjing, atau binatang lainnya. Ketakutan ini membuat Anda menjadi gelisah sendiri sampai binatang tersebut hilang atau pergi.  

Kecemasan di Depan Umum

Psikosomatik dan contohnya bisa dilihat saat Anda mengalami kecemasan secara berlebihan untuk berbicara di depan umum. Bahkan sampai tidak berani mengeluarkan sepatah katapun. Sikap ini disertai dengan tubuh yang menggigil dan berkeringat dingin. 

Fobia Sosial

Contoh lainnya adalah mengalami fobia sosial yang merupakan rasa cemas saat berbicara dengan orang. Saat Anda memilih tidak berbicara juga merasa cemas akan pemikiran orang lain nantinya. Semua rasa cemas atau tidak tenang ini merupakan bagian dari fobia sosial yang kerap tidak disadari. 

Obsesi Berlebihan

Dalam hidup akan ada obsesi yang membuat Anda semangat untuk meraih sesuatu. Hanyas aja obsesi yang terjadi dengan berlebihan menjadi salah satu contoh psikosomatik yang banyak terjadi. Anda memikirkannya terus menerus dan pikiran dihantui tanpa henti.  

Itulah gejala psikosomatik dan contohnya yang harus diwaspadai agar tidak semakin parah. Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *