Categories
Kesehatan Vitamin

Nicotinamide Pantothenic Acid adalah Vitamin B3, Berikut Penjelasannya

Nicotinamide Pantothenic Acid adalah

Nicotinamide Pantothenic Acid adalah vitamin B3 yang dibutuhkan tubuh untuk digunakan dalam perawatan berbagai jenis penyakit. Anda bisa menggunakannya untuk kolesterol tinggi, diare, radang sendi, diabetes alergi, kaki terbakar, luka, dan jerawat. Berikut penjelasan lengkapnya agar Anda tidak salah menggunakan.  

Manfaat Nicotinamide Pantothenic Acid

Nicotinamide pantothenic acid bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan saluran pencernaan. Jadi, Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan mengonsumsi ini agar terhindar dari penyakit dermatitis. Penyakit lain yang bisa diatasi dengan obat ini adalah kolesterol tinggi dan pellagra yang merupakan jenis penyakit karena kekurangan vitamin B3.

Nicotinamide ini tersedia dalam bentuk gel yang dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Apa paun jenis jerawatnya bisa mencoba menggunakan obat ini karena setiap orang akan berbeda-beda reaksinya. Manfaat lainnya untuk mengatasi berbagai penyakit karena mengalami defisiensi vitamin B3 seperti pengelupasan kulit, dan pembengkakan pada bagian kulit.

Efek Samping setelah Konsumsi

Anda yang setelah mengonsumsi obat ini sebaiknya tidak mengendarai kendaraan terutama jika mengalami kantuk dan pusing. Kondisi ini akan berisiko jika Anda abaikan. Jika tubuh tidak segera membaik saat mengalami efek ini dalam beberapa hari segera lakukan konsultasi dengan dokter agar tidak terjadi risiko yang lebih buruk.

Obat ini tidak memiliki efek samping yang membuat Anda merasa ketagihan, sehingga tidak membuat tubuh menjadi ketergantungan. Jika Anda sudah sembuh nantinya atau sudah tidak membutuhkan obat ini lagi bisa melakukan penghentian secara perlahan-lahan atau konsultasikan dengan dokter.  

Overdosis pada Nicotinamide Pantothenic Acid

Anda bisa berisiko mengalami overdosis jika mengonsumsi obat secara berlebihan. Penting untuk mengonsumsi berdasarkan dosis yang disarankan dokter karena risikonya jika kelebihan bisa menyebabkan keracunan.

Obat ini tidak bisa sembarangan diminum meskipun dengan masalah kesehatan yang sama karena bisa menjadi salah satu penyebab overdosis. Apa lagi setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda.

Dosis pemakaian obat bisa And abaca di kemasan jika memang tidak mendapatkan rekomendasi dokter. Biasanya obat ini dikonsumsi hanya satu sampai dua kali sehari untuk aturan umum. Jika harus mengonsumsi lebih pastikan sudah dengan rekomendasi dokter. Terkait dosis ini Anda harus sangat cermat melihat respon tubuh terhadap obat jika ada yang berbeda segera ke dokter.

Penyimpanan Nicotinamide Pantothenic Acid

Proses penyimpanan obat harus dilakukan dengan baik agar kandungannya tidak berubah. Cara penyimpanan obat nicotinamide pantothenic acid adalah menyimpannya di dalam suhu ruangan dengan menjauhkannya dari panas dan cahaya langsung. Obat tidak boleh dibekukan dan jauhkan dari anak-anak.

Bentuk-Bentuk Obat

Obat nicotinamide pantothenic acid tersedia dalam berbagai bentuk ada tablet, cairan suntik, sirup, dan obat oles. Anda bisa menanyakannya di apotik bentuk apa yang tersedia dan tanyakan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Bisa juga dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak salah menggunakan.

Jika bentuknya tablet dosis minumnya 100-300 mg setiap hari. Berbeda jika dalam bentuk gel maka penggunaannya dua kali sehari agar khasiat obat bisa dirasakan secara optimal. Hanya saja untuk yang bentuk gel jika kulit memberikan efek seperti kekeringan, mengelupas, dan iritasi maka Anda harus segera menghentikan pemakaiannya.

Nicotinamide pantothenic acid adalah vitamin B3 yang dibutuhkan tubuh. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *