Categories
Kesehatan

Pemeriksaan Kehamilan yang Wajib Dilakukan Ibu Hamil

pemeriksaan kehamilan

Ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Tujuannya dilakukan pemeriksaan saat hamil adalah untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda dan janin yang ada di dalam kandungan. Nah, sebelum melakukan pemeriksaan tentu saja Anda harus mengetahui pemeriksaan apa saja yang harus dilakukan. Berikut informasinya. 

Pemeriksaan Trimester Pertama

Pemeriksaan pertama yang harus dilakukan adalah pemeriksaan riwayat kesehatan ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adanya hal-hal yang berdampak pada kondisi janin. Biasanya dokter atau bidan akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan riwayat kesehatan keluarga. 

Hal ini sangat diperlukan untuk mengetahui adanya risiko penyakit genetik. Selain itu juga akan dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui imunitas terhadap penyakit, hepatitis B dan HIV, memantau tingkat hemoglobin, jenis golongan darah dan kemungkinan terkena penyakit toksoplasmosis atau tidak. 

Setelah itu juga akan dilakukan pemeriksaan urine. Pemeriksaan urine dilakukan untuk mengetahui apakah Anda mengalami penyakit saluran kemih dan juga penyakit ginjal. Selain itu, juga untuk mengetahui tingkat hormon hCG dan tingkat glukosa di dalam urine. Anda juga akan diminta untuk melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui kondisi janin dan memperkirakan HPL. 

Pemeriksaan Trimester Kedua

Pada trimester kedua meliputi cek darah yang berfungsi untuk mengetahui adanya kelainan di tabung saraf tulang belakang, kemungkinan bayi  down syndrome, diabetes gestasional dan menghitung kadar gula darah. 

Kemudian, juga akan dilakukan tes urin, yang digunakan dokter untuk memeriksa kemungkinan adanya infeksi saluran kemih dan preeklampsia. Apabila terjadi preeklamsia maka dokter akan terus melakukan observasi dan meresepkan obat atau vitamin untuk menurunkan tekanan darah. 

Pada trimester kedua juga akan dilakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan kehamilanUSG pada trimester ini bertujuan untuk melihat tumbuh kembang janin normal atau tidak berdasarkan usia kehamilan, menghitung panjang mulut rahim, dan gerakan janin. 

Pemeriksaan Trimester Ketiga

Pada trimester ketiga akan dilakukan pemeriksaan USG untuk memantau tumbuh kembang janin dengan cara mengukur tulang paha, ukuran kepala dan perut bayi. Pemeriksaan USG juga dilakukan untuk memantau jumlah cairan ketuban dan mengecek posisi bayi.

Namun, apabila Anda sudah melewati HPL maka pemeriksaan USG dilakukan untuk memeriksa kesehatan bayi di dalam rahim dan nemeriksa detak jantungnya. Selain itu, pemeriksaan ini juga dilakukan untuk mengetahui lokasi plasenta dan kondisi serviks, sudah siap untuk melakukan persalinan atau belum.

Pada trimester ini juga akan dilakukan pemeriksaan CTG untuk memantau kondisi janin dengan mengukur denyut nadinya. Namun, pemeriksaan ini biasanya lebih sering dilakukan apabila ada hal yang membahayakan persalinan atau kesehatan ibu hamil misalnya karena diabetes atau hipertensi. 

Pemeriksaan darah dan urine juga akan dilakukan pada trimester ketiga. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kondisi-kondisi ibu hamil apabila ada preeklamsia atau infeksi saluran kemih dan juga ginjal. Kondisi tersebut memang harus selalu dipantau sepanjang masa kehamilan.

Biasanya pada trimester ketiga dokter akan menganjurkan Anda mengatur pola makan dan membatasi konsumsi gula agar berat badan janin tetap terjaga. Apabila berat janin terlalu besar akan menimbulkan trauma persalinan. Namun, Anda juga tetap harus menjaga pola makan agar berat janin tidak terlalu rendah. 

Pemeriksaan kehamilan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi ibu dan bayi tetap sehat selama masa kehamilan. Namun, pemeriksaan pada ibu hamil biasanya berbeda antara ibu hamil satu dengan lainnya. Ibu hamil wajib melakukan persiapan yang matang untuk melakukan persalinan. Jangan lupa konsumsi makanan sehat dan vitamin. 

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *