Categories
Vitamin

Sumber Asam Amino Adalah Ini

Asam amino adalah salah satu zat yang merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan itu sangatlah penting. Kita tidak boleh sampai kekurangan asam amino ini, karena akan bisa menyebabkan berbagai macam masalah dan juga gangguan pada tubuh kita. Oleh karena itulah kita harus berupaya untuk mengerti dan memahami soal asam amino dan juga sumber dari zat tersebut. Nah berikut ini beberapa penjelasan soal sumbernya.

Jenis Asam Amino

Pertama kita harus tahu dulu bahwa asam amino itu memang ada beberapa jenis ya tidak hanya ada satu jenis saja. Dan semua jenis ini memang dibutuhkan oleh tubuh, jadi kalian harus memenuhi semua jenis asam amino di tubuh. Untuk jenisnya memang ada beberapa jenis yakni ada asam amino kondisional, ada asam amino non esensial dan ada asam amino esensial. Nah asam amino esensial inilah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Asam amino yang termasuk dalam asam amino esensial adalah valin, triptofan, histidin, lisin, leusin, isoleusin, metionin, fenilalanin, dan juga treonin. Nah asam amino sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh salah satunya adalah untuk memperbaiki jaringan tubuh yang telah rusak. Selain itu bisa juga untuk membantu pertumbuhan dan juga menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Sumber dari asam amino adalah makanan dan juga tentunya menggunakan suplemen, namun bisa juga didapatkan dari gelatin.

Sumber Asam Amino Esensial

Ada beberapa sumber untuk asam amino esensial termasuk dari makanan yang biasa kita konsumsi setiap harinya. Nah berikut beberapa makanan yang mengandung asam amino esensial.

1.     Isoleusin

Salah satu sumber Isoleusin pada makanan itu adalah pada putih telur. Selain itu juga ada di ayam, kepiting, dan juga pada kedelai.

2.     Lisin

Untuk asam amino lisin itu ada makanan seperti daging kalkun ataupun dada ayam, itu tinggi sekali Lisin. Ada juga ikan tuna yang juga tinggi Lisin dan ada selada air ataupun rumput laut.

3.     Leusin

Pada putih telur dan juga kedelai itu ada juga kandungan Leusin di dalamnya dan itu juga bisa dibilang lumayan tinggi ya. Selain itu rumput laut dan juga tuna pun mengandung Leusin.

4.     Valin

Telur adalah makanan yang memiliki kadar Valin yang sangatlah tinggi sekali. Selain itu ada juga makanan seperti bayam, ada juga rumput laut, ada selada air dan juga kalkun. Jadi sumber asam amino adalah telur untuk Valin. 

5.     Treonin

Makanan yang bisa dibilang kaya akan Treonin adalah bayam dan juga selada air tapi yang mentah ya. Ada pilihan lain si untuk makanan yang mengandung Treonin ini seperti misalnya ikan nila, putih telur, kalkun, dan juga kedelai.

6.     Histidin

Makanan yang mungkin mengandung Histidin paling tinggi adalah daging babi, namun untuk orang muslim tentunya tidak bisa konsumsi ya. Tapi ada pilihan lainnya kok seperti misalnya daging ayam, kacang merah, daging kalkun, dan juga ikan tuna.

7.     Fenilalanin

Makanan yang mengandung asam amino adalah makanan dengan jenis daging-dagingan seperti misalnya kalkun, domba, sapi sampai ke daging babi. Ini khusus Fenilalanin ya. Selain daging ada juga tepung wijen atau ikan salmon yang memiliki kadar Fenilalanin yang tinggi.

Kalian ingin memenuhi kebutuhan asam amino esensial kalian? Maka segera kunjungi Jovee, di sana ada informasi yang lengkap dan kalian bisa beli suplemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *