Categories
Penyakit

Tips Mengatasi Nyeri Akibat Gigi Berlubang

Masalah kesehatan gigi berlubang bukan hanya bisa dialami oleh anak-anak saja, tetapi semua usia bisa mengalaminya. Menurut data dari Kemenkes pada tahun 2013, ada sekitar 25,9 persen penduduk di Indonesia pernah mengalami masalah pada gigi dan mulut, termasuk juga sakit gigi berlubang.

Masalah sakit karena gigi berlubang ini hendaknya jangan sampai dianggap sebagai hal yang sepele, sebab bisa menimbulkan rasa nyeri atau rasa sakit yang tidak bisa tertahankan. Apalagi pada beberapa kasus gigi berlubang bisa menimbulkan banyak komplikasi seperti infeksi gigi, gigi gatal, sepsis, dan abses gigi.

Cara Mengobati Gigi Berlubang

Adapun beberapa cara yang dianjurkan agar bisa mengobati gigi berlubang, antara lain adalah :

  • Tambal Gigi

Tambal gigi adalah tindakan yang umum dilakukan untuk bisa mengatasi gigi berlubang. Dokter nantinya akan merapikan bagian gigi yang rusak atau berlubang menggunakan bor yang khusus. Setelah itu dokter akan menambal gigi berlubang menggunakan bahan khusus, seperti porselen, perak, emas, atau komposit yang aman.

  • Menggunakan Fluoride

Biasanya penggunaan Fluoride sendiri dilakukan jika lubang yang ada pada gigi masih kecil atau masih dalam taraf permulaan. Dokter akan menggosokkan Fluoride yang berjenis cair, gel, busa, atau pernis ke gigi selama beberapa menit. Kandungan dari fluoride sendiri dalam perawatan gigi berlubang lebih banyak ketimbang yang ada di pasta gigi biasa.

  • Prosedur Crown

Jika pembusukan pada gigi sudah semakin parah sampai membuat gigi jadi rapuh, dokter biasanya akan membuatkan crown. Dokter memasang crown gigi palsu pada bagian atas gigi yang sudah rusak.

Prosesnya sebagian gigi yang rusak akan dikikis dan disisakan menjadi bagian kecil, di mana bertujuan sebagai tumpuan dari crown yang terbuat dari porselen, resin, porselen fusi logam, atau bahan lainnya.

  • Perawatan Saluran Akar

Perawatan selanjutnya untuk sakit gigi berlubang ini adalah dengan root canal atau biasa disebut perawatan saluran akar. Perawatan ioni dilakukan bila ada pembusukan yang sudah parah atau sudah masuk ke bagian dalam gigi (pulpa).

Dokter biasanya akan melakukan tindakan dengan membuang jaringan saraf pada area yang membusuk. Setelah dibersihkan barulah dokter akan menambal atau memberi crown agar gigi tidak perlu dicabut.

  • Cabut Gigi

Jika kondisi gigi sudah mencapai tingkat yang parah dan sudah tidak bisa diselamatkan lewat penanganan medis, pilihan terakhir adalah harus dicabut. Gigi yang dicabut bisa meninggalkan ruang atau celah, sehingga gigi lain bisa bergeser.

Untuk menangani gigi yang bergeser ini, dokter biasanya menyarankan untuk membuat gigi tambalan sebagai ganti gigi yang sudah dicabut sebelumnya.

Mengatasi Rasa Sakit Karena Gigi Berlubang

Beberapa kasus sakit gigi berlubang biasanya tidak langsung dilakukan tindakan atau pengobatan medis karena gigi masih dalam keadaan sakit atau bermasalah. Biasanya untuk tindakan awalnya adalah meredakan dulu rasa sakitnya. Berikut cara meredakan rasa nyeri atau sakit akibat dari gigi berlubang.

  • Kumur dengan Air Garam

Air garam sendiri memiliki efek tersendiri, di mana bisa mengurangi tegangan permukaan agar nyeri yang dirasakan pada gigi atau gusi bisa berkurang.

  • Kunyah Bawah Merah Mentah

Dengan mengunyah bawah merah mentah saat sakit gigi berlubang, bisa membunuh bakteri penyebab infeksi pada gigi karena memiliki sifat antiseptik dan antimikroba.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang untuk konsultasi dokter online gratis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *