Categories
Kesehatan Vitamin

Vitamin B7 untuk Apa? Simak Penjelasan Berikut

vitamin b7 untuk apa

Vitamin B7 memiliki banyak nama, diantaranya adalah biotin, vitamin H, dan koenzim R. Biotin adalah vitamin yang larut dalam air, artinya tidak disimpan di dalam tubuh sehingga perlu dikonsumsi setiap hari. Vitamin B7 untuk Apa? Jawabannya cukup banyak sekali, berikut adalah beberapa peran dari vitamin B7 ini.

Manfaat Biotin

Terdapat beberapa manfaat penting dari vitamin B7 ini, mulai dari untuk membantu metabolisme tubuh, baik untuk kulit, rambut dan beberapa manfaat lainnya. Lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Membantu Metabolisme

Biotin membantu metabolisme lemak dan karbohidrat menjadi glukosa, dan memecah protein menjadi asam amino. Ini memastikan bahwa tubuh mendapatkan hasil maksimal dari nutrisi yang dikonsumsinya untuk menghasilkan energi untuk pembentukan sel-sel baru. Jika Anda kekurangan biotin, kemungkinan Anda akan merasa lelah, lelah, dan kekurangan energi.

2. Baik untuk Kulit

Biotin membantu memecah asam lemak, yang kemudian didistribusikan ke organ vital di seluruh tubuh, termasuk kulit. Asam lemak ini melindungi sel-sel kulit dari kerusakan dan kehilangan air, sehingga membantu menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering dan gatal.

Kadar biotin yang rendah dapat menyebabkan produksi lemak berubah, tanda-tanda pertamanya sering kali muncul di kulit. Biotin juga digunakan untuk merawat kulit kepala kering dan ketombe, sehingga kulit kepala akan sehat dan bersih.

3. Berperan untuk Menjaga Kesehatan Rambut

Vitamin B7 untuk apa? Ternyata vitamin ini juga bisa menjaga kesehatan rambut. Perannya dalam metabolisme asam lemak membantu menyehatkan folikel rambut dan mendukung matriks rambut untuk mencegah penipisan atau kerusakan.

Banyak orang mengonsumsi biotin tingkat tinggi untuk mengatasi kerontokan rambut karena terbukti dapat mempercepat pertumbuhannya. Pada pria, biotin juga telah digunakan untuk membantu menebalkan jenggot yang tidak rata atau tipis.

4. Kesehatan Kuku

Biotin membantu produksi keratin, yang merupakan protein utama di kuku dan membantu memperkuat kuku yang rapuh. Satu penelitian yang tidak terkontrol melaporkan 67% hingga 91% perbaikan kondisi kuku. Percobaan terpisah selama enam bulan menemukan bahwa asupan harian 25mg menghasilkan peningkatan ketebalan kuku sebesar 25%.

Setiap orang yang terlibat dalam penelitian ini melaporkan peningkatan, sementara setengahnya juga melaporkan lebih sedikit pemecahan kuku. Ini juga efektif untuk mengobati kelainan kuku pada hewan.

5. Multiple Sclerosis (MS)

Biotin dosis tinggi mungkin bermanfaat dalam pengobatan MS progresif karena perannya dalam produksi energi sel dan meningkatkan fungsi saraf. Meskipun penyebab MS belum sepenuhnya dipahami, hal ini diduga terjadi ketika ada ketidaksesuaian antara peningkatan kebutuhan energi dan penurunan produksi energi karena kerusakan mitokondria dalam sel.

Artinya, sel tidak dapat berfungsi dengan baik. Studi terkontrol plasebo selama setahun yang melibatkan 154 pasien dengan MS progresif sekunder atau primer menemukan bahwa asupan harian 300mg biotin secara klinis memperbaiki gejala pada 91% pasien. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung.

6. Diabetes

Kadar biotin yang rendah dapat mengganggu pemanfaatan glukosa dan meningkatkan asupan biotin dapat membantu mengurangi nyeri saraf pada penderita diabetes. Kombinasi biotin dan kromium juga telah terbukti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes yang tidak terkontrol dengan baik.

Sumber Biotin

Meskipun tubuh tidak dapat membuat biotin, bakteri tertentu yang berkoloni di usus kecil dan besar memiliki kemampuan untuk mensintesisnya. Kebanyakan orang akan mengonsumsi biotin dalam jumlah yang cukup melalui makanan mereka, terutama dengan mengonsumsi makanan kaya biotin seperti kuning telur, hati, dan sereal gandum utuh.

Itulah tadi beberapa penjelasan tentang pentingnya vitamin B7. Jadi, jika ada yang bertanya tentang vitamin B7 untuk apa, tentu jawabanya adalah sangat banyak sekali peran dari vitamin yang disebut biotin ini.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *